Friday, March 22, 2013

Rencana Pelaksanaan Pembelajaran


Pada kesempatan kali ini, Saya akan membuat tabel rencana pelaksanaan pembelajaran. Adapun kali ini, RPP tersebut digunakan untuk pembelajaran pada siswa Kelas XII.


Mata pelajaran
Bahasa dan Sastra Indonesia
Kelas /semester
XII (dua belas) / 2 (dua)
Program
Umum
Alokasi waktu
2 x 45 menit
Tema
Menulis
Standar kompetensi
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan informasi dalam penulisan karangan berpola
Kompetensi dasar
Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup

Indikator Pencapaian Kompetensi
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
Kewirausahaan/ Ekonomi Kreatif
-          Mampu menentukan topik untuk menulis esai
-          Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
-          Mampu menyusun paragraf pembukaan
-          Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
-          Mampu menyusun paragraf penutup
-          Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)

·   Mandiri
·   Kreatif
·   Bersahabat/ komunikatif

·   Kepemimpinan
·   Percaya diri


MATERI POKOK PEMBELAJARAN :

-          Esai
-          Teknik menyusun kerangka karangan
-          Teknik membuat bagian pembuka/paragraf pembuka karangan
-          Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi karangan
-          Teknik membuat bagian pembuka/paragraf penutup karangan
-          Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup
-          Teknik menyunting/memperbaiki karangan

KEGIATAN PEMBELAJARAN

Tahap
Kegiatan Pembelajaran
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
PEMBUKA  (Apersepsi)
è  Siswa ditanya pemahamannya mengenai esai

è  Siswa ditanya pemahamannya mengenai pola pengembangan pembuka, isi, penutup

·         Mandiri
INTI
v  Eksplorasi

è  Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
è  Guru membacakan contoh esai
è  Siswa mengidentifikasi ciri-ciri esai
è  Guru memberikan beberapa topik kepada siswa

v  Elaborasi

è  Siswa berdiskusi untuk menentukan topik dan menyusun kerangka karangan
è  Siswa menulis  esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
è  Siswa saling menukarkan esai dan memperbaiki esai temannya (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)


v  Konfirmasi

Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
è  Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
è  Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
·         Kreatif
PENUTUP
(Internalisasi & persepsi)

è  Siswa diminta mengungkapkan kesulitan yang dialaminya ketika menyusun paragraf
è  Siswa diminta mengungkapkan kesalahan terbanyak yang ada pada teks esai tulisan temannya

·         Bersahabat/ komunikatif

METODE DAN SUMBER BELAJAR













Sumber belajar



V
Pustaka rujukan
Alex Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 124-131

Gorys Keraf. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah
Lamudin Finosa. 2005. Komposisi. Jakarta : Diksi Insan Mulia

Material: VCD, kaset, poster

V
Media cetak dan elektronik
Berita, tajuk, editorial, esai, artikel yang pola pengembangannya sesuai dengan materi
V

Website internet
           
Teks paragraf dengan pola pengembangan yang sesuai materi
V
Narasumber
Siswa yang sudah biasa menulis

Model peraga

V
Lingkungan
Teks-teks wacana lain yang bisa diemukan di masyarakat yang sesuai dengan materi


Metode
V
Presentasi

V
Diskusi Kelompok

V
Inquari


Demontrasi Pemeragaan Model


PENILAIAN




TEKNIK DAN BENTUK
V
Tes  Lisan
V
Tes Tertulis

Observasi Kinerja/Demontrasi
V
Tagihan Hasil Karya/Produk: tugas, projek, portofolio

Pengukuran Sikap

Penilaian diri
INSTRUMEN /SOAL
-          Daftar pertanyaan lisan tentang esai
-          Daftar pertanyaan lisan tentang pola-pola pengembangan paragraf
-          Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan kerja mandiri
-          Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah dipelajari
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI


Rubrik Penilaian Penulisan Karangan Berpola

Nama                            :
Kelas/No. Abs               :
Tanggal penilaian          :
Kompetensi Dasar         : Menulis esai berdasarkan topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka,  isi, dan penutup

No
Aspek yang dinilai
Skor
1
Pemilihan topik
Aktualitas topik esai

a. Aktual                                                             Skor  3
b. Cukup aktual                                                  Skor  2
c. Kurang aktual                                                 Skor  1
d. Tidak aktual                                                   Skor  0
2
Teknik pengembangan
Pembuka
Teknik pembukaan esai menarik atau tidak

a. Menarik                                                           Skor  3
b. Cukup menarik                                               Skor  2
c. Kurang menarik                                              Skor  1


d. Tidak menarik                                                Skor  0

3
Teknik pengembangan
Isi
Teknik pengembangan isi koheren dengan pembuka atau tidak

a. Koheren                                                          Skor  3
b. Cukup koheren                                               Skor  2
c. Kurang koheren                                              Skor  1
d. Tidak koheren                                                Skor  0
4
Teknik pengembangan
Penutup
Teknik pengembangan penutup esai koheren dengan isi atau tidak

a. Koheren                                                           Skor  3
b. Cukup koheren                                                Skor  2
c. Kurang koheren                                               Skor  1
d. Tidak koheren                                                 Skor  0
5
Ejaan dan tanda baca
Ketepatan penggunaan ejaan dan tanda baca
           

a. Tanda baca & ejaan yang ada semua benar    Skor  3
b. Ada 1-5 ejaan atau tanda baca yang salah      Skor  2
c. Ada 6-10 ejaan atau tanda baca yang salah    Skor  1
d. Lebih dari 10 ejaan atau tanda baca salah      Skor  0
6
Struktur kalimat
Ketepatan penggunaan struktur kalimat

a. Semua kalimat strukturnya tepat                     Skor  3
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah             Skor 2
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya salah             Skor  1
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya salah   Skor  0
7
Diksi
Ketepatan diksi

a. Tepat                                                                Skor  3
b. Cukup tepat                                                     Skor  2
c. Kurang tepat                                                    Skor  1
d. Tidak tepat                                                      Skor  0

Mengetahui,                                                                           ……………,  ……...…
Kepala Sekolah                                                             Guru Mata Pelajaran,



NIP : ----------------------------                                                         NIP : ------------------------


No comments:

Post a Comment