Pada kesempatan
kali ini, Saya akan membuat tabel rencana pelaksanaan pembelajaran. Adapun kali
ini, RPP tersebut digunakan untuk pembelajaran pada siswa Kelas XII.
Mata pelajaran
|
Bahasa dan Sastra Indonesia
|
Kelas /semester
|
XII (dua belas) / 2 (dua)
|
Program
|
Umum
|
Alokasi waktu
|
2 x 45 menit
|
Tema
|
Menulis
|
Standar kompetensi
|
Mengungkapkan pikiran, pendapat, dan
informasi dalam penulisan karangan berpola
|
Kompetensi dasar
|
Menulis esai berdasarkan topik tertentu
dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
|
Indikator Pencapaian Kompetensi
|
Nilai Budaya Dan
Karakter Bangsa
|
Kewirausahaan/
Ekonomi Kreatif
|
-
Mampu menentukan topik untuk menulis esai
-
Mampu menyusun kerangka esai dengan memperhatikan pola
pengembangan pembuka, isi, dan penutup
-
Mampu menyusun paragraf pembukaan
-
Mampu menuliskan isi ke dalam beberapa paragraf
-
Mampu menyusun paragraf penutup
-
Mampu memperbaiki tulisan (dengan mempertimbangkan
diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda baca)
|
· Mandiri
· Kreatif
· Bersahabat/ komunikatif
|
· Kepemimpinan
· Percaya diri
|
MATERI
POKOK PEMBELAJARAN :
-
Esai
-
Teknik menyusun kerangka karangan
-
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf
pembuka karangan
-
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf isi
karangan
-
Teknik membuat bagian pembuka/paragraf
penutup karangan
-
Contoh-contoh paragraf pembuka, isi, penutup
-
Teknik menyunting/memperbaiki karangan
KEGIATAN PEMBELAJARAN
Tahap
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Nilai Budaya Dan Karakter Bangsa
|
PEMBUKA (Apersepsi)
|
è
Siswa ditanya pemahamannya mengenai esai
è
Siswa ditanya pemahamannya mengenai pola pengembangan
pembuka, isi, penutup
|
·
Mandiri
|
INTI
|
v
Eksplorasi
è
Siswa membentuk kelompok-kelompok diskusi
è
Guru membacakan contoh esai
è
Siswa mengidentifikasi ciri-ciri esai
è
Guru memberikan beberapa topik kepada siswa
v
Elaborasi
è
Siswa berdiskusi untuk menentukan topik dan menyusun
kerangka karangan
è
Siswa menulis
esai dengan memperhatikan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
è
Siswa saling menukarkan esai dan memperbaiki esai
temannya (dengan mempertimbangkan diksi, kejelasan kalimat, ejaan dan tanda
baca)
v
Konfirmasi
Dalam kegiatan konfirmasi, Siswa:
è
Menyimpulkan tentang hal-hal yang belum diketahui
è
Menjelaskan tentang hal-hal yang belum diketahui.
|
·
Kreatif
|
PENUTUP
(Internalisasi
& persepsi)
|
è
Siswa diminta mengungkapkan kesulitan yang dialaminya
ketika menyusun paragraf
è
Siswa diminta mengungkapkan kesalahan terbanyak yang
ada pada teks esai tulisan temannya
|
·
Bersahabat/ komunikatif
|
METODE DAN SUMBER BELAJAR
Sumber belajar
|
V
|
Pustaka rujukan
|
Alex
Suryanto dan Agus Haryanta. 2007. Panduan Belajar Bahasa dan Sastra Indonesia
untuk SMA Kelas XII. Jakarta : ESIS-Erlangga halaman 124-131
Gorys
Keraf. Komposisi. Ende-Flores : Nusa Indah
Lamudin
Finosa. 2005. Komposisi. Jakarta : Diksi Insan Mulia
|
Material:
VCD, kaset, poster
|
|||
V
|
Media cetak dan
elektronik
|
Berita, tajuk, editorial, esai, artikel yang pola pengembangannya sesuai
dengan materi
|
|
V
|
Website
internet
|
Teks paragraf dengan pola pengembangan yang
sesuai materi
|
|
V
|
Narasumber
|
Siswa yang sudah
biasa menulis
|
|
Model peraga
|
|||
V
|
Lingkungan
|
Teks-teks
wacana lain yang bisa diemukan di masyarakat yang sesuai dengan materi
|
|
Metode
|
V
|
Presentasi
|
|
V
|
Diskusi Kelompok
|
||
V
|
Inquari
|
||
Demontrasi
Pemeragaan Model
|
PENILAIAN
TEKNIK DAN BENTUK
|
V
|
Tes Lisan
|
V
|
Tes Tertulis
|
|
Observasi
Kinerja/Demontrasi
|
||
V
|
Tagihan Hasil
Karya/Produk: tugas, projek, portofolio
|
|
Pengukuran Sikap
|
||
Penilaian diri
|
||
INSTRUMEN /SOAL
|
||
-
Daftar pertanyaan lisan tentang esai
-
Daftar pertanyaan lisan tentang pola-pola pengembangan
paragraf
-
Tugas/perintah untuk melakukan diskusi, presentasi, dan
kerja mandiri
-
Daftar pertanyaan uji kompetensi dan kuis uji teori
untuk mengukur tingkat pemahaman siswa terhadap teori dan konsep yang sudah
dipelajari
|
||
RUBRIK/KRITERIA PENILAIAN/BLANGKO OBSERVASI
|
Rubrik Penilaian Penulisan Karangan
Berpola
Nama :
Kelas/No.
Abs :
Tanggal
penilaian :
Kompetensi
Dasar : Menulis esai berdasarkan
topik tertentu dengan pola pengembangan pembuka, isi, dan penutup
No
|
Aspek yang dinilai
|
Skor
|
|
1
|
Pemilihan topik
|
Aktualitas topik
esai
|
|
a. Aktual Skor 3
|
|||
b. Cukup aktual Skor 2
|
|||
c. Kurang aktual Skor 1
|
|||
d. Tidak aktual Skor 0
|
|||
2
|
Teknik
pengembangan
Pembuka
|
Teknik pembukaan
esai menarik atau tidak
|
|
a. Menarik Skor 3
|
|||
b. Cukup menarik Skor 2
|
|||
c. Kurang menarik Skor 1
|
|||
d. Tidak menarik Skor 0
|
|||
3
|
Teknik
pengembangan
Isi
|
Teknik pengembangan
isi koheren dengan pembuka atau tidak
|
|
a. Koheren Skor 3
|
|||
b. Cukup koheren Skor 2
|
|||
c. Kurang koheren Skor 1
|
|||
d. Tidak koheren
Skor 0
|
|||
4
|
Teknik
pengembangan
Penutup
|
Teknik pengembangan
penutup esai koheren dengan isi atau tidak
|
|
a. Koheren Skor 3
|
|||
b. Cukup koheren Skor 2
|
|||
c. Kurang koheren Skor 1
|
|||
d. Tidak koheren
Skor 0
|
|||
5
|
Ejaan dan tanda baca
|
Ketepatan
penggunaan ejaan dan tanda baca
|
|
a. Tanda baca &
ejaan yang ada semua benar Skor
3
|
|||
b. Ada 1-5 ejaan
atau tanda baca yang salah Skor
2
|
|||
c. Ada 6-10 ejaan
atau tanda baca yang salah Skor
1
|
|||
d. Lebih dari 10
ejaan atau tanda baca salah Skor
0
|
|||
6
|
Struktur kalimat
|
Ketepatan
penggunaan struktur kalimat
|
|
a. Semua kalimat strukturnya tepat Skor 3
|
|||
b. Ada 1 kalimat yang strukturnya salah Skor 2
|
|||
c. Ada 2 kalimat yang strukturnya
salah Skor 1
|
|||
d. Lebih dari 2 kalimat yang strukturnya
salah Skor 0
|
|||
7
|
Diksi
|
Ketepatan diksi
|
|
a. Tepat Skor 3
|
|||
b. Cukup tepat Skor
2
|
|||
c. Kurang tepat Skor 1
|
|||
d. Tidak tepat Skor 0
|
Mengetahui, ……………,
……...…
Kepala Sekolah Guru
Mata Pelajaran,
NIP :
---------------------------- NIP : ------------------------
0 komentar:
Posting Komentar