Kamis, 20 Juni 2013

Tips Membuat Music dengan FL Studio 9

Banyak orang merasa sulit untuk membuat music. Sebenarnya itu gampang-gampang susah. Sejujurnya, saya juga masih belajar bagaimana membuat music itu dengan software yang bernama FL Studio. Nah, meski malam telah larut, saya akan mencoba sedikit menjelaskan Tutorial FL (Fruity Loops) ini agar orang yang ingin belajar FL, dapat melakukannya dengan mudah. FL ini diyakini mampu untuk membuat sampling maupun lagu. Baiklah, tanpa berbasa-basi lagi, cara pertama yang harus sobat lakukan adalah membuka aplikasi FL seperti berikut…. 


Jika sobat tidak memiliki software FL Studionya, bisa sobat sedot DISINI

Untuk awalnya saya akan menjelaskan fungsi-fungsi pada FL (Fruity Loops)….
1. Toolbars


Pada menu file sobat bisa melakukan open dan save project serta import dan export file. Kemudian menu edit bisa kita lakukan edit right left atau randomize (acak untuk not yang ada di pattern). Untuk gambar pattern seperti ini…


Di situ sobat bisa masukin sound atau suara yang diinginkan. Caranya tinggal klik aja tuh pattern misal : kick… Sob ingin ganti, tinggal pilih di drive mana yang akan disimpan file kick yang akan dimasukkan ke pattern sound
Pada menu view : itu gunanya untuk loe mau memilih aplikasi yg akan loe timbulkan, misalnya browser, pattern dll. Di menu option itu yang penting… Sobat harus melakukan edit sound atau latency atau buffer agar kualitas suaranya ok dan tidak skip pada saat memutar banyak file…..

2.  Browser



Di browser ini terdapat banyak sekali pilihan seperti channel prest clipboard file, effect, sound atau suara2, fpc, speech, dll

Nah untuk memasukkan suara ke pattern,, Sobat bisa memilih dari browser, setelah yang dipilih ketemu, langsung aja klik kanan pada mouse insert new atau menimpa sound yang dipattern. Kira-kira sudah jelas ya !!!

Langkah selanjutnya masukkan file project audio. Caranya dengan klik kanan di kolom pattern,  terus pilih insert audio file dan pilih audio yang ingin sob mau masukin. Gimana? mudahkan…. Nah, kalau sudah masukin tinggal sob buat pattern drum atau instrument lain dengan cara seperti di bawah ini : =================================================== v
                                                                                                                       v
                                                                                                                       
Kalau sudah Membuat piano roll, jangan lupa sob klik si bars patter yang di bawah audio track seperti gambar balok kayu yang di samping ini ya ==>>


cara membuka piano roll, klik kanan di pattern kemudian pilih piano roll untuk membuat notnya (jika gak ada keyboard controller). 

<<==Nih gambarnya
Udah jelas keliahatan? Baiklah, langkah selanjutnya setelah sobat masukin dan membuat pattern drum atau instrument lainnya, saatnya sob masukkan effect ke masing-masing pattern ingin sob suka. Misalkan drum…. klik di drum truss setelah keluar jendela baru yang ada tulisannya fx. double klik maka akan keluar mixer, biar gampang nih contohnya :

Terus insert di kolom fx mixer itu dan jangan lupa kasih effect di chanell berapa harus sob ingat biar gak bergabung sama instrument yang lain….

Cara masukin effectnya, klik aja tombol yang ada di fx mixer, setelah kebuka aplikasinya, pilih semau apa sobat inginkan. Misal fruity 7 band equalizer, dll.

Nih contoh fx-nya seperti gambar di bawah ini : 


  
Kalau udah selesai, sob tinggal export aja mau jadi mp3 atau wave di menu file. Dan jadilah musik atau sampling yang sobat inginkan.

NB : Sebagai catatan, kalau sobat mau buat sampling jangan lupa masukin yang akan dijadikan guide atau penuntun lagu. Kalau ada yang mau dipotong, langsung aja dipotong di kolom pattern track dengan cara mengklik gambar pisau. Terus pilih batas yang mau dipotong. 

Kalau sudah dan mau memperbanyaknya, tinggal klik lagi gambar sapu. Kemudian klik audio track yang akan diperbanyak. Langkah selanjutnya, klik di kolom track yang kosong serta tarik aja, tapi jangan lupa hold mouse ya….

Baiklah, saya kira cukup sekian dulu tips membuat music melalui FL Studionya. Selamat berkarya dan semoga bermanfaat.




0 komentar:

Posting Komentar