Hari
Jumat merupakan hari raya tiap pekan
1. Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَعَاشِرَ الْمُسْلِمِينَ، إِنَّ
هَذَا يَوْمٌ جَعَلَهُ اللَّهُ لَكُمْ عِيدًا، فَاغْتَسِلُوا، وَعَلَيْكُمْ بِالسِّوَاكِ
“Wahai kaum muslimin,
sesungguhnya saat ini adalah hari yang dijadikan oleh Allah sebagai hari raya
untuk kalian. Karena itu, mandilah dan kalian harus menggosok gigi.” (H.r.
Tabrani dalam Mu’jam Ash-Shaghir, dan dinilai sahih oleh Al-Albani)
2. Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إِنَّ يَوْمَ الْجُمْعَة يَوْمُ
عِيدٍ ، فَلَا تَجْعَلُوا يَوْم عِيدكُمْ يَوْم صِيَامكُمْ , إِلَّا أَنْ تَصُومُوا
قَبْله أَوْ بَعْده
“Sesungguhnya, hari Jumat adalah hari raya.
Karena itu, janganlah kalian jadikan hari raya kalian ini sebagai hari untuk
berpuasa, kecuali jika kalian berpuasa sebelum atau sesudah hari Jumat.” (H.r.
Ahmad dan Hakim; dinilai sahih oleh Syu’aib Al-Arnauth)
Hari
Jumat merupakan “yaumul mazid” (hari tambahan) bagi penduduk surga
Dari Anas bin Malik
radhiallahu ‘anhu; bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أتاني جبريل وفي يده كالمرآة البيضاء
فيها كالنكتة السوداء فقلت يا جبريل ما هذه قال الجمعة قال قلت وما الجمعة قال لكم
فيها خير قال قلت وما لنا فيها قال يكون عيدا لك ولقومك من بعدك ويكون اليهود والنصارى
تبعا لك قال قلت وما لنا فيها قال لكم فيها ساعة لا يوافقها عبد مسلم يسأل الله فيها
شيئا من الدنيا والآخرة هو له قسم إلا أعطاه إياه أو ليس بقسم إلا ادخر له عنده ما
هو أفضل منه أو يتعوذ به من شر هو عليه مكتوب إلا صرف عنه من البلاء ما هو أعظم منه
قال قلت له وما هذه النكتة فيها قال هي الساعة هي تقوم يوم الجمعة وهو عندنا سيد الأيام
ونحن ندعوه يوم القيامة ويوم المزيد قال قلت مم ذاك قال لأن ربك تبارك وتعالى اتخذ
في الجنة واديا من مسك أبيض فإذا كان يوم الجمعة هبط من عليين على كرسيه تبارك وتعالى
ثم حف الكرسي بمنابر من ذهب مكللة بالجواهر ثم يجيء النبيون حتى يجلسوا عليها وينزل
أهل الغرف حتى يجلسوا على ذلك الكثيب ثم يتجلى لهم ربك تبارك وتعالى ثم يقول سلوني
أعطكم قال فيسألونه الرضى فيقول رضائي أحلكم داري وأنيلكم كراسي فسلوني أعطكم قال فيسألونه
قال فيشهدهم أنه قد رضي عنهم قال فيفتح لهم ما لم تر عين ولم تسمع أذن ولا يخطر على
قلب بشر قال وذلكم مقدار انصرافكم من يوم الجمعة …. قال فليسوا إلى شيء أحوج منهم إلى
يوم الجمعة ليزدادوا إلي ربهم نظرا وليزدادوا منه كرامة
Jibril pernah mendatangiku,
dan di tangannya ada sesuatu seperti kaca putih. Di dalam kaca itu, ada titik
hitam. Aku pun bertanya, “Wahai Jibril, ini apa?” Beliau menjawab, “Ini hari
Jumat.” Saya bertanya lagi, “Apa maksudnya hari Jumat?” Jibril mengatakan,
“Kalian mendapatkan kebaikan di dalamnya.” Saya bertanya, “Apa yang kami
peroleh di hari Jumat?” Beliau menjawab, “Hari jumat menjadi hari raya bagimu
dan bagi kaummu setelahmu. Sementara, orang Yahudi dan Nasrani mengikutimu
(hari raya Sabtu–Ahad).” Aku bertanya, “Apa lagi yang kami peroleh di hari
Jumat?” Beliau menjawab, “Di dalamnya, ada satu kesempatan waktu; jika ada
seorang hamba muslim berdoa bertepatan dengan waktu tersebut, untuk urusan
dunia serta akhiratnya, dan itu menjadi jatahnya di dunia, maka pasti Allah
kabulkan doanya. Jika itu bukan jatahnya maka Allah simpan untuknya dengan
wujud yang lebih baik dari perkara yang dia minta, atau dia dilindungi dan
dihindarkan dari keburukan yang ditakdirkan untuk menimpanya, yang nilainya
lebih besar dibandingkan doanya.” Aku bertanya lagi, “Apa titik hitam ini?”
Jibril menjawab, “Ini adalah kiamat, yang akan terjadi di hari Jumat. Hari ini
merupakan pemimpin hari yang lain menurut kami. Kami menyebutnya sebagai
“yaumul mazid”, hari tambahan pada hari kiamat.” Aku bertanya, “Apa sebabnya?”
Jibril menjawab, “Karena Rabbmu, Allah, menjadikan satu lembah dari minyak
wangi putih. Apabila hari Jumat datang, Dia Dzat yang Mahasuci turun dari
illiyin di atas kursi-Nya. Kemudian, kursi itu dikelilingi emas yang dihiasi
dengan berbagai perhiasan. Kemudian, datanglah para nabi, dan mereka duduk di
atas mimbar tersebut. Kemudian, datanglah para penghuni surga dari kamar
mereka, lalu duduk di atas bukit pasir. Kemudian, Rabbmu, Allah, Dzat yang
Mahasuci lagi Mahatinggi, menampakkan diri-Nya kepada mereka, dan berfirman,
“Mintalah, pasti Aku beri kalian!” Maka mereka meminta ridha-Nya. Allah pun
berfirman, “Ridha-Ku adalah Aku halalkan untuk kalian rumah-Ku, dan Aku jadikan
kalian berkumpul di kursi-kursi-Ku. Karena itu, mintalah, pasti Aku beri!”
Mereka pun meminta kepada-Nya. Kemudian Allah bersaksi kepada mereka bahwa
Allah telah meridhai mereka. Akhirnya, dibukakanlah sesuatu untuk mereka, yang
belum pernah dilihat mata, belum pernah didengar telinga, dan tidak pernah
terlintas dalam hati seseorang. Dan itu terjadi selama kegiatan kalian di hari
jumat …. sehingga tidak ada yang lebih mereka nantikan, melebihi hari Jumat,
agar mereka bisa semakin sering melihat Rabb mereka dan mendapatkan tambahan
kenikmatan dari-Nya.” (H.r. Ibnu Abi Syaibah, Thabrani dalam Al-Ausath, Abu
Ya’la dalam Al-Musnad, dan statusnya hasan atau sahih, sebagaimana keterangan
Abdul Quddus Muhammad Nadzir)
Terlarangnya
puasa jika dilakukan pada hari Jumat saja
Tidak diperbolehkan bagi
seorang muslim untuk melakukan puasa di hari Jumat saja, padahal saat hari
Kamis, dia tidak berpuasa, dan di hari Sabtu, dia juga tidak puasa.
1. Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu, beliau mendengar Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam
bersabda,
لاَ يَصُومَنَّ أَحَدُكُمْ يَوْمَ
الْجُمُعَةِ ، إِلاَّ يَوْمًا قَبْلَهُ أَوْ بَعْدَهُ
“Janganlah kalian berpuasa pada hari Jumat,
kecuali jika telah berpuasa sehari sebelumnya atau akan puasa sehari
setelahnya.” (H.r. Bukhari dan Muslim)
2. Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan,
نهى رسول الله صلى الله عليه و
سلم أن يفرد يوم الجمعة بصوم
“Rasulallah shallallahu ‘alaihi wa sallam
melarang menyendirikan hari Jumat untuk berpuasa.” (H.r. Ahmad; sanadnya
dinilai sahih oleh Syu’aib Al-Arnauth)
3. Dari Junadah Al-Azdi;
beliau mengatakan,
دخلت على رسول الله صلى الله عليه
و سلم في سبعة نفر من الأزد أنا ثامنهم يوم الجمعة ونحن صيام فدعانا رسول الله صلى
الله عليه و سلم إلى طعام بين يديه فقلنا انا صيام قال هل صمتم أمس قلنا لا قال فهل
تصومون غدا قلنا لا قال فافطروا ثم خرج إلى الجمعة فلما جلس على المنبر دعا بإناء من
ماء فشربه والناس ينظرون إليه ليعلمهم أنه لا يصوم يوم الجمعة
“Saya menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam pada hari Jumat bersama tujuh orang dari suku Azd, dan saya adalah orang
kedelapan. Saat itu, kami sedang berpuasa. Kemudian, Nabi shallallahu ‘alaihi
wa sallam mengundang kami untuk makan di depannya. Kami pun mengatakan, ‘Saya
sedang puasa.’ Beliau bertanya, ‘Apakah kemarin kalian puasa?’ Kami menjawab,
‘Tidak.’ Beliau bertanya lagi, ‘Apakah besok kalian akan berpuasa?’ Kami
menjawab, ‘Tidak.’ Kemudian beliau bersabda, ‘Berbukalah!’ Lalu beliau
berangkat shalat Jumat. Ketika beliau di atas mimbar, beliau minta dibawakan
air, kemudian beliau minum dan orang-orang melihatnya, untuk mengajari mereka
bahwa beliau tidak berpuasa di hari Jumat.” (H.r. Ibnu Abi Syaibah; dinilai
sahih oleh Al-Hafizh Ibnu Hajar)
4. Dari Ummul Mukminin,
Juwairiyah binti Al-Harits radhiallahu ‘anha; Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam menemuinya di hari Jumat, sementara dia sedang berpuasa. Beliau
bertanya, “Apakah kemarin kamu puasa?” Dia menjawab, “Tidak.” Beliau bertanya
lagi, “Apakah besok kamu mau puasa?” Beliau menjawab, “Tidak.” Beliau bersabda,
“Berbukalah!” (H.r. Bukhari, Abu Daud, dan Ibnu Abi Syaibah)
5. Dari Laila, istri Basyir
radhiallahu ‘anhuma; beliau mengatakan, “Sesungguhnya, Basyir bertanya kepada
Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ‘Bolehkah saya berpuasa di hari Jumat dan
tidak berbicara dengan seorang pun di hari itu?’ Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam menjawab,
لا تصم يوم الجمعة الا في أيام
هو أحدها أو في شهر وأما أن لا تكلم أحدا فلعمرى لأن تكلم بمعروف وتنهى عن منكر خير
من ان تسكت
"Janganlah kamu berpuasa di hari Jumat,
kecuali jika kamu berpuasa beberapa hari –salah satunya adalah hari Jumat– atau
puasa sebulan. Adapun tentang dirimu yang tidak ingin berbicara dengan seorang
pun maka sungguh engkau berbicara yang ma’ruf dan mencegah kemungkaran itu
lebih baik daripada engkau diam.” (H.r. Ahmad, Thabrani dalam Mu’jam Al-Kabir,
dan Baihaqi; dinilai sahih oleh Al-Albani)
Tidak
boleh mengkhususkan hari Jumat untuk shalat malam
Sebagian orang beranggapan
bahwa kita dianjurkan untuk memperbanyak shalat tahajud di malam Jumat karena
malam ini memiliki keutamaan yang banyak. Anggapan ini adalah anggapan yang
salah karena Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam melarang kita untuk
mengkhususkan malam Jumat untuk ibadah.
1. Dari Abu Hurairah radhiallahu
‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
لا تختصوا ليلة الجمعة بقيام من
بين الليالي ولا تخصوا يوم الجمعة بصيام من بين الأيام إلا أن يكون في صوم يصومه أحدكم
“Janganlah kalian mengkhususkan malam Jumat
untuk tahajud dan meninggalkannya di malam yang lain. Jangan pula mengkhususkan
siang harinya untuk berpuasa, kecuali dalam rangkaian puasa kalian.” (H.r.
Muslim)
2. Dari Muhammad bin Sirrin;
beliau mengatakan,
Dahulu, Abu Darda’
menghidupkan malam Jumat dengan ibadah, dan beliau berpuasa di siang harinya.
Suatu ketika, datanglah Salman –dan Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam telah
mempersaudarakan keduanya– kemudian beliau tidur di rumahnya. Salman pun
memperhatikan Abu Darda’ dan tidak membiarkannya, sampai Abu Darda’ tidur dan
tidak berpuasa. Maka datanglah Abu Darda’ menemui Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam dan menceritakan perjumpaannya dengan Salman. Kemudian, Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam bersabda, “Wahai Uwaimir (nama asli Abu Darda’), Salman lebih
tahu daripada kamu. Janganlah mengkhususkan malam Jumat untuk shalat dan siang
harinya untuk puasa.” (H.r. Abdurrazaq dalam Al-Mushannaf)
Anjuran
untuk membaca surat khusus ketika shalat subuh di hari Jumat
Dianjurkan bagi orang yang
melaksanakan shalat subuh di hari Jumat untuk membaca surat As-Sajdah di rekaat
pertama dan surat Al-Insan di rakaat kedua.
Dari Ibnu Abbas radhiallahu
‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam, ketika shalat subuh di hari
Jumat, membaca “alif-lam-mim, as-sajdah” (surat As-Sajdah) dan “hal ata ‘alal
insani …” (surat Al-Insan). Sementara, pada shalat Jumat, Nabi shallallahu
‘alaihi wa sallam membaca surat Al-Jumu’ah dan surat Al-Munafiqun. (H.r. Muslim
dan Abu Daud)
Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan, “Dahulu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa
sallam, ketika shalat subuh di hari Jumat, membaca ‘alif-lam-mim … tanzil,
as-sajdah‘ (surat As-Sajdah) dan ‘hal ata ‘alal insani‘ (surat Al-Insan).”
(H.r. Bukhari dan Muslim)
Sebagian
malaikat duduk di depan pintu masjid
Di hari Jumat, Allah
mengutus beberapa malaikat untuk berjaga di pintu masjid, mencatat setiap orang
yang datang jumatan sebelum khatib naik mimbar.
1. Dari Abu Said Al-Khudri
radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إذا كان يوم الجمعة قعدت الملائكة
على أبواب المسجد فيكتبون الناس من جاء من الناس على منازلهم فرجل قدم جزورا ورجل قدم
بقرة ورجل قدم شاة ورجل قدم دجاجة ورجل قدم عصفورا ورجل قدم بيضة قال فإذا أذن المؤذن
وجلس الإمام على المنبر طويت الصحف ودخلوا المسجد يستمعون الذكر
“Apabila hari Jumat datang, para malaikat
duduk di depan pintu masjid-masjid. Mereka mencatat setiap orang yang datang
sesuai dengan waktu kedatangan mereka. Ada orang yang seperti berkurban unta,
ada yang seperti berkurban sapi, ada yang seperti berkurban kambing, ada yang
seperti berkurban ayam, ada yang seperti berkurban burung, dan ada yang seperti
berkurban telur. Ketika muazin melakukan azan dan imam sudah duduk di mimbar
maka buku catatan ditutup dan mereka masuk masjid, mendengarkan khotbah.” (H.r.
Ahmad; sanadnya dinilai hasan oleh Syu’aib Al-Arnauth)
2. Dari Abu Umamah
radhiallahu ‘anhu; beliau mengatakan,
إذا كان يوم الجمعة قامت الملائكة
بأبواب المسجد فيكتبون الناس على منازلهم الاول فإن تأخر رجل منهم عن منزله دعت له
الملائكة يقولون اللهم إن كان مريضا فاشفه اللهم إن كانت له حاجة فاقض له حاجته فلا
يزالون كذلك حتى إذا خرج الامام طويت الصحف ثم ختمت فمن جاء بعد نزول الامام فقد أدرك
الصلاة ولم يدرك الجمعة
“Apabila hari Jumat datang, malaikat berjaga
di pintu-pintu masjid. Mereka mencatat setiap orang yang datang sesuai tingkat
kedatangannya. Apabila ada orang yang telat datang maka malaikat ini berdoa
untuknya. Mereka memanjatkan doa, ‘Ya Allah, jika dia sakit maka sembuhkanlah
dia, dan jika dia punya kepentingan maka selesaikanlah kebutuhannya.’ Mereka
terus melakukan hal itu, sampai imam datang. Ketika imam datang, buku catatan
ditutup kemudian distempel. Barang siapa yang datang setelah imam turun maka dia
hanya mendapatkan shalat dan tidak mendapatkan jumatan.”
Keterangan:
Sanad hadis ini hasan. Hanya
saja, statusnya mauquf sampai Abu Umamah. Artinya, ini adalah perkataan Abu
Umamah radhiallahu ‘anhu.
Di
hari jumat terdapat satu waktu yang mustajab
1. Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyinggung hari
Jumat, kemudian beliau bersabda,
فيه ساعة لا يوافقها عبد مسلم
وهو قائم يصلي يسأل الله تعالى شيئا إلا أعطاه إياه
“Di hari Jumat, ada satu waktu, apabila ada
seorang muslim melakukan shalat dan dia memohon sesuatu kepada Allah, pasti
Allah beri.” Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berisyarat dengan tangannya
untuk menunjukkan bahwa waktu itu hanya sebentar. (H.r. Bukhari dan Muslim)
2. Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu, Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خير يوم طلعت فيه الشمس يوم الجمعة
فيه خلق آدم وفيه تقوم الساعة وفيه ساعة لا يسأل الله عز و جل فيها عبد يصلى خير الا
أعطاه الله وقللها وقال بيده هكذا انها قليلة
“Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari
Jumat. Di hari ini, Adam diciptakan; di hari ini pula, kiamat terjadi; di hari
Jumat terdapat satu waktu, apabila ada seorang hamba yang shalat, memohon
kepada Allah di waktu itu, maka Allah akan memberikan pintanya.” (H.r. Abu Daud
Ath-Thayalisi; statusnya hasan lighairihi)
3. Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
إن في الجمعة ساعة لا يوافقها
مسلم وهو في صلاة يسأل الله خيرا الا آتاه إياه قال وقللها
“Sesungguhnya, di hari Jumat, ada satu waktu;
tidaklah seorang muslim yang shalat, dia memohon kebaikan kepada Allah, dan
bertepatan dengan waktu tersebut, kecuali Allah pasti akan mengabulkannya.”
(H.r. Ahmad;
Anjuran
memperbanyak salawat di hari Jumat
1. Dari Aus bin Aus
radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
من أفضل أيامكم يوم الجمعة فيه
خلق آدم وفيه قبض وفيه النفخة وفيه الصعقة فاكثروا على من الصلاة فيه فان صلاتكم معروضة
على فقالوا يا رسول الله وكيف تعرض عليك صلاتنا وقد أرمت يعنى وقد بليت قال إن الله
عز و جل حرم على الأرض أن تأكل أجساد الأنبياء صلوات الله عليهم
“Di antara hari kalian yang paling utama
adalah hari Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam meninggal;
di hari itu, tiupan sangkakala pertama dilaksanakan; di hari itu pula, tiupan
kedua dilakukan. Oleh sebab itu, perbanyaklah membaca salawat untukku di hari
Jumat karena salawat kalian ditunjukkan kepadaku.” Para sahabat bertanya,
“Bagaimana salawat itu ditunjukkan kepada Anda padahal Anda telah menjadi tanah
(mati)?” Beliau bersabda, “Sesungguhnya, Allah mengharamkan bumi untuk memakan
jasad para nabi –shallallahu ‘alahim ajma’in–.” (H.r. Ahmad; sanadnya dinilai
sahih oleh Syu’aib Al-Arnauth)
2. Dari Abu Umamah
radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
أَكْثِرُوا عَلَيَّ مِنَ الصَّلاةِ
فِي كُلِّ يَوْمِ جُمُعَةٍ , فَإِنَّ صَلاةَ أُمَّتِي تُعْرَضُ عَلَيَّ فِي كُلِّ يَوْمِ
جُمُعَةٍ , فَمَنْ كَانَ أَكْثَرَهُمْ عَلَيَّ صَلاةً كَانَ أَقْرَبَهُمْ مِنِّي مَنْزِلَةً
“Perbanyaklah membaca salawat untukku setiap
hari Jumat, karena salawat umatku ditunjukkan kepadaku setiap hari Jumat. Siapa
saja yang paling banyak salawatnya untukku maka dia adalah orang yang paling
dekat kedudukannya denganku.”
Keterangan:
Status hadis ini
diperselisihkan oleh para ulama ahli hadis. Ada yang menilainya kuat dan ada
yang menilainya dhaif. Di antara ulama yang menilainya dhaif adalah Imam
Adz-Dzahabi dan Syekh Nashiruddin Al-Albani. Adapun ulama yang menerima hadis
ini di antaranya adalah As-Suyuti. Hadis ini juga disebutkan oleh Al-Mundziri
dalam At-Targhib; beliau mengatakan, “Diriwayatkan oleh Al-Baihaqi dengan sanad
hasan.”
Kiamat
terjadi di hari Jumat
Dari Abu Hurairah
radhiallahu ‘anhu, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
خير يوم طلعت عليه الشمس يوم الجمعة
فيه خلق آدم وفيه أدخل الجنة وفيه أخرج منها ولا تقوم الساعة إلا في يوم الجمعة
“Hari terbaik saat matahari terbit adalah hari
Jumat. Di hari itu, Adam diciptakan; di hari itu, Adam dimasukkan ke surga; di
hari itu pula, Adam dikeluarkan dari surga; dan kiamat tidak akan terjadi
kecuali di hari Jumat.” (H.r. Muslim, Ahmad, dan Turmudzi)
Orang
yang meninggal di hari Jumat akan dilindungi dari fitnah (ujian) alam kubur
Dari Abdullah bin Amr
radhiallahu ‘anhuma, bahwa Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
ما من مسلم يموت يوم الجمعة أو
ليلة الجمعة الا وقاه الله فتنة القبر
“Tidaklah seorang muslim yang meninggal di
hari Jumat atau malam Jumat, kecuali Allah akan lindungi dirinya dari fitnah
(ujian) alam kubur.” (H.r. Ahmad; dinilai sahih oleh Ahmad Syakir serta
Al-Albani)
Anjuran
membaca surat Al-Kahfi pada malam atau siang hari Jumat
1. Dari Abu Said Al-Khudri
radhiallahu ‘anhu; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ
لَيْلَةَ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ فِيمَا بَيْنَهُ وَبَيْنَ الْبَيْتِ
الْعَتِيقِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada
malam Jumat, dia akan disinari cahaya antara dirinya dan Ka’bah.” (H.r.
Ad-Darimi; Syekh Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih)
2. Dari Ibnu Umar
radhiallahu ‘anhuma; Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,
مَنْ قَرَأَ سُورَةَ الْكَهْفِ
فِى يَوْمِ الْجُمُعَةِ أَضَاءَ لَهُ مِنَ النُّورِ مَا بَيْنَ الْجُمُعَتَيْنِ
“Barang siapa yang membaca surat Al-Kahfi pada
hari Jumat, dia akan disinari cahaya di antara dua Jumat.” (H.r. An-Nasa’i dan
Baihaqi; Al-Albani mengatakan bahwa hadis ini sahih)
Sumber : http://khotbahjumat.com/
0 komentar:
Posting Komentar